Jumat, 06 April 2012

Fase-Fase Jihad Yang Telah Rasululloh Lewati

Inilah pembahasan baru kita. Pembahasan yang akan semakin jauh masuk ke dalam jihad itu sendiri. Kita akan mempelajari perjalan awal dari jihad hingga jihad menjadi satu ketetapn syariat. Kita menapak tilas kisah JIHAD dari bermakna bersungguh-sungguh sampai bermakna pernah terhadap orang-orang kafir. Dan inilah kisah dari jihad itu, kisah yang sangat teratur dan sangat tidak sedikit pun menjadi pemberat bagi hamba-hamba Allah yang ikhlas dalam menjalankan dienul Islam-nya.

Untuk itu marilah sejanak kita ikuti perjalan panjang penuh perjuangan manusia yang paling mulia dalam menegakan Islam. Pahit getir perjuangan penegakan syariat Islam yang dilakukan oleh nabi Muhammad dan para sahabatnya akan segera tersaji merdu di hadapan kita. Perjuangan yang tidak mudah, perjuangan yang begitu penuh onak duri dan cobaan. Bagai badai pekat yang datang silih berganti. Taida pernah berhenti dan tidak pernah pula memberi budi. Tanpa balas kasihan dan tanpa ada sidikit pun rasa kasih sayang dari mereka kepada nabi Muhammad dan para sahabatnya. Namun, apa yang rosululloh lakukan saat itu? Tetap tunduk pada syariat yang telah Allah gariskan.

Subhanallah, begitulah akhlak seorang rasul. Apapun resiko dan apa pun yang beliau terima beliau tetap mengikuti aturan Allah yang sesuia dengan forsinya. Hingga beliau mampu mengalahkan mereka. Hingga Islam ini tinggi kedudukannya di seluruh dunia. Hingga manusia-manusia yang dahulu memusuhinya menjadi tunduk untuk beribadah pada Allah. Subhanallah, dan subhanallah, lagi dan lagi subhanallah. Betapa mulianya kegigihan rasululloh dalam berjuang untuk Islam. Tidakkah kita ingin meneladaninya?



Dan kisah-kisah panjang tersebut akan segera tersaji dalam penggalan-penggalan perjalan fase-fase jihad. Indahnya syariat jihad dalam naungan Islam akan kita rasakan dalam bait-bait perjuangan Rasululloh dan para sahabatnya dalam melewati fase-fase jihad yang telah Allah gariskan.

Syariat jihad mengalami beberapa fase proses perbahan dalam perjalannnya. Oleh karena itulah syariat jihad dikenal dengan istilah syariat tadarruj (bertahap). Hingga akhirnya mencapai pucak kesempurnaan syariat yaitu jihad bermakna perang melawan orang-orang kafir.

Perjalan fase jihad pun terbagi atas empat fase yang harus dilalui terlebih dahulu oleh nabi Muhammad saw dan para sahabatnya.

Pertama yaitu Fase yang Alloh peintahkan bersabar (saat masih di Mekah)
Kedua, Fase Diizinkan berjihaad namn belum diwajibkan.
Ketiga, Fase Diwajibkan berjihad apabila diserang oleh musuh. (jihad difai').
Dan yang ke empat, Fase diwajibkan berjihad merangi orang-orang kafir dan orang-orang yang tidak beriman kepada Allah di mana saja berada.

Dan dalam pembahasan artikel  selanjutnya akan dijelaskan satu per satu fasenya tersebut. Akan dibahas juga kondisi dan sikap kamu muslimin pada saat melewati fase-fase tersebut. Maka sebelum memulainya marilah kita senatiasa memohon petunjuk kepada Allah. Agar kita tidak tergolong kepada golongan orang-orang yang tersesat.

0 komentar:

Posting Komentar